Pengikut

Sabtu, 01 Oktober 2016

Melatiku Istimewa


http://putrisafrina26.blogspot.com/melatiku-istimewa/




Selain sebagai tanaman hias, melati juga memiliki juga bisa dimanfaatkan sebagai bunga tabur. Bahkan melati bisa dijadikan sebagai bahan pembuat minyak wangi. Sudah tentu wanginya akan enak sekali dan nyaman digunakan. Bisa juga dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik, farmasi. Karena baunya yang harum, melati juga bisa dijadikan sebagai karangan bunga. Dan yang paling popular adalah dijadikan campuran sebagai varian rasa dalam minuman, serta melati bisa digunakan sebagai obat.
Dalam tradisi Indonesia, melati biasa digunakan di berbagai daerah sebagai pelengkap hiasan dalam upacara perkawinan. Melati akan dipasang pada rambut pengantin wanita sebagai pemanis atau dikalungkan kepada pengantin pria.


Hubungan bunga melati dan tradisi di nusantara sangatlah erat sehingga tidak terlepas dari makna filosofisnya. Melati menggambarkan kesederhanaan. Hal ini terlihat dari bentuk fisiknya yang sederhana, tumbuh meliar dan memiliki bunga yang kecil seakan melambangkan kesederhanaan. Melati memiliki warna yang putih bersih dan tidak mencolok, yang melambangkan kesucian dan keelokan budi. Aroma dari bunga ini sangatlah harum lembut dan tidak menusuk ke hidung sehingga memberikan makna dan kesan lembut, nyaman, dan juga tenang. Melati tumbuh dengan mudah tanpa membutuhkan perawatan yang rumit dan berbunga sepanjang tahun.\

Dengan berbagai hal tersebut, maka tidak mengherankan jika salah satu jenis bunga melati yakni Melati Putih (Jasminum sambac) ditetapakan sebagai puspa bangsa, satu dari tiga bunga nasional Indonesia, berdasarkan Kepres Nomor 4 Tahun 1993.

Sejak kecil saya sangat menyukai bunga melati sebab bunga ini memiliki bau yang sangat harum dan memiliki bentuk bunga yang unik Bagaimana denganmu?
Referensi:
google search (gambar melati)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar