Pengikut

Minggu, 02 Oktober 2016

Jangan Bercanda Soal Kopi


http://putrisafrina26.blogspot.com/jangan-bercanda-soal-kopi/ 
 
Bicara tentang kopi. Pasti yang ada dibenak Anda adalah pahit, hitam, atau gula. Saat orang meminum kopi, pasti Anda berfikir bahwa orang itu merasa kantuk atau mungkin sedang galau dan membutuhkan penambah gairah berfikir.
Hey… Tunggu dulu! Kopi itu bukan hanya sekedar minuman pengusir kantuk atau penambah gairah berfikir. Tapi kopi itu istimewa.
Masing-masing kopi memiliki filosofinya sendiri. Mengapa demikian?


Peminum kopi dan penikmat kopi itu  jauh berbeda. Peminum kopi adalah orang yang hanya sekedar meminumnya saja. Tetapi penikmat kopi adalah orang yang merasakan sensasi dari kopi yang diminumnya.
"Kopi yang enak akan menemukan penikmatnya". Benarkah hal itu?
Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar. Sudah tentu kopi-kopi kita menjadi incaran para penikmat kopi di seluruh dunia. Ada ya orang dengan tujuan traveling hanya untuk meminum kopi? Tapi itulah kenyataannya, ketika Anda sudah merasakan sensai dari “kopimu” maka yang terlihat aneh pun malah akan menjadi luar biasa. Jenis-jenis kopi yang diincar di Indonesia diantaranya yakni Malabar, Gayo, dan Papua.

Saat ini, kopi-kopi yang disajikan dikedai-kedai atau caffe-caffe bahkan yang siap seduh merupakan racikan kopi hasil mesin serba sophisticated. Rasa dari kopi-kopi tersebut nyatanya kalah dengan racikan kopi sederhana yang diracik oleh petani kopi, salah satunya adalah kopi tiwus.
Sebagai penikmat kopi sejati, seharusnya Anda mengetahui cara keren dalam meminum kopi yang dapat membuat orang lain tergugah untuk mencoba alias ngiler. Kira-kira gimana ya caranya?
Seruput! Ya, dengan menyeruput kopi dengan bunyi hirupan serta tegukkan di kerongkongan akan membuat orang tergugah untuk mencoba meminum kopi juga. Sebab di situlah akan terlihat bagaimana pecinta kopi yang sebenarnya.
Bayangkan! Jika dihadpan kita terdapat kopi hitam tanpa gula, kemudian hangat, serta tinggal diseruput. Oh… siapa yang tidak setuju bahwa kopi memang sumber inspirasi. Apalagi kita menyaksikan langsung proses pengolahannya hingga penyajiannya, alangkah akan semakin nikmat rasa kopi itu. Atau bahkan sampai kita dapat membuatnya dengan racikan sendiri. Mulai dari pengolahan pemilihan biji kopi, kemudian menggilingnya dengan mesin derai biji sampai terdengar suaranya yang mengesankan, dan sampai ke proses penyeduhannya kemudian akan tercium bau khas kopi.
Ternyata untuk menghasilkan kopi yang nikmat, bukan hanya sekedar asal membuat. Namun harus dibuat menggunakan hati.
Dengan meminum kopi, kamu seakan menemukan dirimu yang sesungguhnya dari berbagai macam cara penyeduhan dan racikan kopi.

Di akhir tulisan ini, ada beberapa quote yang diambil dari film Filosofi Kopi.

Filosofi Perfecto -- Sukses adalah wujud kesempurnaan hidup.
Filosofi Kopi Tubruk -- Kenali lebih dalam dan terpukaulah oleh lugunya sebuah pesona.
Filosofi Cappuccino -- Keseimbangan dan keindahan adalah syarat mutlak keberhasilan.
Filosofi Tiwus -- Walau tak ada yang sempurna, hidup ini indah begini adanya.
Filosofi Macchiato -- Sendirian atau berdampingan hidup sepatutnya tetap penuh arti.

Referensi : film dengan judul Filosofi Kopi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar