Pengikut

Rabu, 12 Oktober 2016

Aplikasi Teori Skinner terhadap Pembelajaran Matematika


http://putrisafrina26.blogspot.com/aplikasi-teori-skinner-terhadap-pembelajaran-matematika/ 

Menurut Skinner, penguatan itu akan berbekas kepada anak. Sehingga sebagai seorang pengajar haruslah memberi penguatan yang baik dan tepat kepada siswanya agar menghasilkan respon yang baik sesuai dengan tujuan pembelajaran.


Dalam hal ini peran guru sangatlah penting, sebab tugas guru adalah mengarahkan dan mengendalikan tingkah laku anak didik atau siswa. Penguatan ini terdiri dari penguatan positif dan negatif. Penguatan diberikan kepada siswa sesuai dengan respon yang diberikan siswa. Kondisi pertama, pada saat pembelajaran berlangsung siswa yang memberikan respon positif. Maksudnya, siswa mengikuti pelajaran dengan baik yakni dengan memahami materi yang diajarkan dan juga dapat menjawab pertanyaan dengan baik serta mengerjakan soal latihan dengan hasil yang benar. Dalam keadaan ini guru harus memberikan penguatan positif kepada anak, bisa dengan mengacungkan jempol, memberikan pujian atas hasil kerjanya yang baik, bergembira saat siswa antusias terhadap pelajaran, atau memberikan hadiah seperti memberi nilai 100 dan hadiah lainnya. Dengan demikian siswa akan memberikan respon yang baik lagi pada pembelajaran berikutnya atau mempertahankannya.

Kondisi kedua, yakni kebalikan dari kondisi pertama. Pada saat pembelajaran berlangsung siswa memberikan respon negatif. Maksudnya, siswa mengikuti pelajaran dengan tidak baik seperti tidak memperhatikan saat guru menerangkan, mengobrol dengan teman dengan topik diluar pelajaran, tidak memahami materi pelajaran, kemudian tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan. Dalam keadaan ini guru dapat memberikan penguatan negatif yakni dengan menegur siswa, memberikan peringatan, atau bisa juga dengan memberikan sanksi (hukuman edukatif). Hukuman edukatif misalnya seperti diberi soal tambahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar