Pengikut

Senin, 10 Oktober 2016

Hitam? Horor Dong!




Disadari atau tidak, warna pasti berada di dekat kita. Seakan kita tidak bisa hidup tanpanya. Ternyata, warna bisa menggambarkan kepribadian seseorang. Seperti halnya manusia, setiap warna memiliki karakter tersendiri yang unik dan berbeda satu sama lainnya. Mitosnya, karakter yang dimiliki masing-masing warna diyakini dapat mewakili kepribadian yang ada pada diri seseorang. Percaya gak tuh?
Warna favorit dapat dikatakan sebagai warna yang secara pribadi disukai, lepas dari pengaruh siapa dan apapun. Jadi, kita dapat mengenali kepribadian seseorang melalui warna favoritnya meskipun secara tidak langsung.


Merah, kuning, dan biru merupakan warna dasar. Maksud dari warna dasar adalah warna di mana tersebut dapat menghasilkan warna lain dengan melakukan pencampuran warna di antara ke tiganya. Contoh, warna hijau merupakan hasil dari percampuran warna biru dan kuning. Warna ungu merupakan hasil dari pencampuran warna biru dan merah. Dan masih banyak lagi.
Hitam juga merupakan salah satu member warna. Tampaknya penggunaan warna hitam memberikan kesan seram ataupun horor. Dalam kota kata bahasa Indonesia, hitam identik dengan lambang anarkisme. Dan dalam bahasa Inggris kata hitam memberikan arti tersendiri, seperti: black death, black out, black cat, dan lain-lain.

Hitam sering dikaitkan dengan kematian dan duka dalam berbagai budaya, juga dikaitkan dengan ketidakbahagiaan, seksualitas, dan formalitas. Di Mesir kuno, hitam menjadi simbol kehidupan dan kebangkitan. Dalam budaya Barat melambangkan kematian dan kesedihan juga menunjukkan warna simbol kekuasaan, ketangguhan, perlindungan, pengusiran, sesuatu yang negatif, mengikat, kekuatan, formalitas, misteri, kekayaan, ketakutan, kejahatan, ketidakbahagiaan, perasaan yang dalam, kesedihan, kemarahan, sesuatu yang melanggar, harga diri, dan kematian. Hal ini semakin menguatkan bahwa warna hitam adalah warna yang memberikan kesan misteri.

Warna hitam sangat bagus untuk menampilkan karya seni atau fotografi karena membantu penekanan terhadap warna lain. Dalam hal positif, warna hitam mengartikan perlindungan, dramatis, serius, bergaya, anggun, formalitas, sedangkan dalam hal negatif memberikan arti kerahasiaan, kematian, kejahatan, malapetaka, dan keghaiban.

Hitam menyerap semua cahaya dalam spektrum warna. Seringnya, warna hitam identik sebagai simbol jahat, digunakan untuk mewakili karakter curang seperti Draculla dan dikaitkan dengan sihir.

Di sisi lain, hitam juga dapat memberi kesan keanggunan, kemakmuran, dan kecanggihan. Warna hitam disebut-sebut sebagai warna yang independen dan misteri. Warna hitam sering dipakai di ruang remaja. Dalam dunia fashion, hitam sering digunakana untuk menunjukkan kesan kurus dan langgeng.

Dalam dunia psikologi, orang yang menyukai warna hitam merupakan orang yang cuek dan tidak memikirkan omongan orang terhadap dirinya. Baginya asal nyaman maka akan melakukan apapun yang disukai. Dalam dunia pergaulan, orang yang menyukai warna hitam cenderung enak diajak berteman karena dapat memberikan solusi dalam masalah teman-temannya.
Pada dasarnya, warna hitam ada sebab ketidakadaannya cahaya yang disebabkan oleh tidak adanya panjang gelombang cermin dan banyak orang yang takut dengan gelap.
Perlu kamu tahu bahwa Hitam tidak pernah punya reputasi buruk!
  
Sumber:
1. desy-r.blogspot.com/.../filosofi-warna-hitam-dalam-kepribadiaan_4646.html
2. www.pabriktasbandung.com/free-tutorial/arti-warna-logo.html
3. notesanom.wordpress.com/2011/02/.../arti-warna-hitam-black-is-good/
4. edukasi.kompasiana.com/.../11-makna-warna-untuk-personality-anda-457313.html
5. uripsantoso.wordpress.com/.../arti-warna-dalam-kehidupan-sehari-hari/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar