Pengikut

Minggu, 18 September 2016

Filsafat Menurut Para Ahli

http://putrisafrina26.blogspot.com/filsafat-menurut-para-ahli


Sebagai orang awam, mungkin terasa aneh dengan kata filsafat. Namun sebenarnya, disadari atau tidak filsafat sangat erat dalam kehidupan. Di bawah ini akan saya tuliskan beberapa pengertian filsafat menurut para ahli. Selamat membaca :)

 
  • Plato ( 428 – 348 SM ) mengatakan bahwa filsafat tidak lain adalah pengetahuan tentang segala yang ada. 
  • Aristoteles ( 384 – 322 SM ) mengatakan bahwa kewajiban filsafat adalah menyelidiki sebab dan asas segala benda. Sehingga filsafat bersifat umum.
  • Cicero ( 106 – 43 SM ) mengatakan bahwa filsafat adalah ibu dari semua seni ( the mother of all the arts ) dan juga mendefinisikan filsafat sebagai ars vitae atau seni kehidupan.
  • Johann Gotlich Fickte ( 1762 - 1814 ) mengatakan bahwa filsafat adalah dasar dari segala ilmu, karena itu filsafat dijuluki Wissenschaftslehre ( ilmu dari ilmu-ilmu ). Filsafat memperkatakan seluruh bidang dan seluruh jenis ilmu mencari kebenaran dari selururh kenyataan.
  • Paul Nartorp ( 1854 – 1924 ) mengatakan bahwa filsafat sebagai Grunwissenschat yakni ilmu dasar hendak menentukan kesatuan pengetahuan manusia dengan menunjukkan dasar akhir yang sama. 
  • Immanuel Kant ( 1724 – 1804 ) mengatakan bahwa filsafat adalah ilmu pengetahuan yang menjadi pokok dan pangkal pengetahuan yang di dalamnya tercakup empat persoalan, yakni:
  1.  Apakah yang dapat kita ketahui?
  2. Apakah yang seharusnya kita kerjakan?
  3.  Sampai dimanakah harapan kita?
  4. Apakah yang dinamakan manusia?
  • Notonegoro mengatakan bahwa filsafat menelaah hal-hal yang dijadikan objeknya dari sudut inti yang mutlak, yang tetap ( tidak berubah ), yang disebut hakekat.  
  • Sidi Gazalba mengatakan bahwa berfilsafat adalah mencari kebenaran dari kebenaran untuk kebenaran tentang segala sesuatu yang dimasalahkan dengan cara berpikir radikal, sistematis, dan universal.

Masih banyak lagi pengertian filsafat menurut para ahli. Namun, hanya sebagian kecil yang saya tuliskan dalam Blog ini. Masih penasaran dengan Filsafat? Tunggu postingan berikutnya ya…. :)



Referensi :
Ismaun. 2007. Filsafat Administrasi Pendidikan. bandung : UPI.
Moersaleh. 1987. Filsafat Administrasi. Jakarta : Universitas Terbuka.
Russel, Betrand. 2002. Sejarah Filsafat Barat dan Kaitannya dengan Kondisi Sosio-politik dari Zaman Kuno hingga Sekanag (alih Bahasa Sigit Jatmika, dkk). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Wibisono, Koenta. 1997. Dadar-Dasar filsafat. Jakarta : Universitas Terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar