Pengikut

Rabu, 28 September 2016

Filosofi Hidup dari Mahatma Gandhi

http://putrisafrina26.blogspot.com/filosofi-hidup-dari-mahatma-gandhi/

Mahatma Gandhi yang bernama lengkap Mohandas Karamchand Gandhi berasal dari India adalah seorang pelopor Satyagraha yaitu resistensi terhadap tirani melalui perkembangan sipil massal. Hal ini sesuai dengan dasar filosofi non-kekerasan. Ide ini membantu India dalam memperoleh kemerdekaan. Gandhi memberikan motivasi hak-hak sipil dan kebebasan di seluruh dunia. Setelah memimpin Kongres Nasional India pada tahun 1921, Gandhi memimpin kampanye nasional untuk mengurangi kemiskinan, memperluas hak-hak perempuan, membangun persahabatan agaman dan etnis, dan meningkatkan kemandirian ekonomi.


Gandi hidup sederhana. Dia mengenakan dhoti India dan selendang yang ditenun olehnya sendiri. Dia juga merupakan vegetarian, bereksperimen dengan diet buah-buahan, dan berpuasa sebagai sarana pemurnian diri dan aksi protes.

Berikut filosofi hidup dari Mahatma Gandhi :

1. Jadilah Perubahan.
"You must be the change you want to see in the world".
Dalam bahasa Indonesia adalah "Kamu harus menjadi perubah apa yang ingin kamu lihat di dunia".
Makna dari kalimat tersebut bahwa kita harus bisa menjadi pemimpin dan menjadi contoh. Apabila kita menjadi pemimpin yang baik dan memberikan contoh yang baik maka orang akan mengikuti dan bersama-sama akan mengubah dunia. Sifat manusia adalah mengeluh, menyalahkan, tetapi jika ingin berubah, maka jadikan "Diri" kita sebagai perubah itu.

2. Tanyakan Pertanyaan yang Tepat.
"The power to question is the basis of all human progress."
Dalam bahasa Indonesia adalah "Kekuatan untuk bertanya adalah dasar dari semua kemajuan manusia".
Makna yang terkandung adalah bahwa kualitas pertanyaan yang berani diajukan memiliki hubungan dengan kualitas hidup. Apakah pertayaan yang diajukan tepat? Apakah bertanya kepada orang yang tepat? Kamu tidak akan mendapat jawaban tanpa adanya pertanyaan. Anda tidak dapat membuat kemajuan tanpa pikiran bertanya. Kunci kemajuan adalah memupuk rasa ingin tahu dan bertanya atau bertindak untuk mencari jawaban.

3. Selalu Bertindak.
"Have a bias towards action-let's see something happen now. You can break that big plan into small steps and take the first step right away."
Dalam bahasa Indonesia adalah "Memiliki keinginan bertindak-mari melihat sesuatu terjadi sekarang. Anda dapat membagi sebuah rencana besar menjadi langkah-langkah kecil dan segera mengambil langkah pertama".
Berbuatlah sesuatu yang kamu ingin lakukan saat ini, karena hari esok mungkin tidak akan datang. Setiap kemajuan harus dibuat hari ini. Jika kamu tidak bertindak sekarang, kamu tidak akan memiliki masa depan. Gandhi mengatakan "Masa depan tergantung pada apa yang kita lakukan di masa sekarang".

4. Memaafkan.
"The weak can never forgive. Forgiveness is the attribute of the strong".
Dalam bahasa Indonesia adalah "Orang lemah tidak pernah bisa memaafkan. Pengampunan adalah perlengkapan orang kuat".
Orang lemah tidak akan cepat memaafkan, namun orang yang kuat bisa. Kemampuan untuk memaafkan dengan cepat adalah tanda kekuatan. Seberapa kuatkah kamu?

5. Memantau Keyakinan Anda.
"Your beliefs become your thoughts. Your thoughts become your words. Your words become your actions. Your actions become your habits. Your habits become your values. Your values become your destiny".
Dalam bahasa Indonesia " Keyakinanmu menjadi pikiranmu. Pikiranmu menjadi kata-katamu. Kata-katamu menjadi tindakanmu. Tindakanmu menjadi kebiasaanmu. Kebiasaanmu menjadi nilai-nilaimu. Nilai-nilaimu menjadi takdirmu",
Singkatnya, keyakinanmu akan menciptakan nasibmu. Apa yang kamu percaya? Apa yang kamu percayai tentang diri sendiri, masa depan, dan potensimu? Percaya, dan kamu akan menjadi apa yang kamu percayai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar