Pengikut

Rabu, 28 September 2016

Filosofi Pohon Kelapa

http://putrisafrina26.blogspot.com/filosofi-pohon-kelapa

Pohon kelapa yang biasa kita jumpai di pinggir pantai, terlihat indah sebagai pemanis sungguh menyejukkan mata. Namun, tahukah kamu bahwa pohon kelapa yang kita anggap sebagai pemanis itu dapat kita manfaatkan dari mulai ujung daun sampai ujung akar. Pohon kelapa juga dapat diumpamakan sifat-sifatnya dengan sifat manusia.


Ketika pohon kelapa sudah berdiri tegak dan dewasa, kerimbunannya dapat mengurangi teriknya sinar matahari bahkan memberikan semilir angin yang sangat sejuk dinikmati. Begitu juga dengan anak manusia yang telah dewasa seharusnya sudah bisa untuk memberikan rasa nyaman akan kedewasaannya, dapat menjadi tumpuan, dan selalu berusaha untuk memberikan kebahagiaan bagi orang-orang di sekitarnya.

Ketika dua pohon kelapa tumbuh saling berdekatan, maka orang akan memasang ayunan di antara ke duanya dengan mengikat tali-temali yang dirangkai. Ayunan tersebut dapat membuat orang yang menikinya merasa senang, rileks, dan nyaman bahkan sampai tertidur. begitu juga dengan dua anak manusia yang saling berdekatan dan dipersatukan dalam tali pernikahan, ikatan yang kokoh dapat membawa kebahagiaan baik untuk pasangan itu sendiri maupun bagi orang disekitar mereka. Kehidupan rumah tangga yang bahagia dapat ditularkan kepada siapa saja yang ingin bahagia, karena hakikat kita hidup adalah untuk bahagia dan selalu mencoba untuk membahagiakan diri dan orang-orang yang kita sayangi.

Daun kelapa dapat dijadikan kerajinan, salah satunya bahan untuk membuat tempat ketupat. Tulang daunnya dapat dimanfaatkan menjadi sapu dan kerajinan lain seperti mainan anak-anak. Daunnya yang masih muda dapat dimanfaatkan sebagai janur dalam upacara pernikahan. Bahkan daun yang kering pun dapat dimkanfaatkan sebagai bahan bakar untuk memasak di dapur.

Daging buah yang masih muda dapat dijadikan sebagai obat atau minumam yang sangat segar. Daging buah yang sudah tua dapat menghasilkan santan yang digunakan sebagai bahan makanan, bahan dasar pembuatan nata de coco,bahan kosmetik, dan lain-lain. Kulit buahnya (batok) dapat dijadikan untuk berbagai macam kerajinan dan peralatan rumah tangga, bahkan bisa dimanfaatkan untuk bahan aksesoris yang menawan, elegan, dan mempunyai daya jual yang sangat tinggi.

Batangnya yang kokoh dan besar dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti jembatan, rumah, dan berbagai kerajinan. Akarnya tak kalan populer juga, dapat digunakan sebagai bahan pengganti tanah untuk menanam, bisa juga sebagai bahan pembuatan sapu, kerajinan unik, dan lain-lain. Dan masih banyak lagi kegunaan dan manfaat dari pohon kelapa lainnya.

Filosofi hidup ala pohon kelapa benar-benar mengajarkan kita bahwa hidup harus berguna untuk siapa saja. Bahwa, apapun yang kita miliki di dunia harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membahagiakan diri sendiri dan orang lain. Apapun kondisi tubuh kita, baik lengkap maupun lengkap, sempurna maupun tidak sempurna, sehat maupun sakit, semuanya harus bermanfaat.

Jangan pernah rendah diri karena memiliki tubuh yang tidak sempurna. Tetapi harus mensyukuri apa yang ada sebab Allah selalu memberi kelebihan di balik kekurangan. Tidak jarang orang sukses justru memiliki kekurangan pada fisiknya. Mereka memiliki semangat dan tekad hidup untuk maju dan memperbaiki kehidupan. Mereka bangga dengan keterbatasan yang mereka anggap membawa keberkahan tersendiri. Mereka yakin bahwa mereka adalah pribadi yang unik dan istimewa, indah bukan?

Kita harus memanfaatkan dan mendayagunakan semua fasilitas yang diberikan Allah dengan sebaik-baiknya. Mereka merefleksikan filosofi pohon kelapa ke dalam kehidupannya. Mereka menerima semua hadiah dari Allah dengan membuktikan kemampuan mereka kepada dunia. Seperti kiasan "Matahari selalu memberikan sinarnya secara adil kepada siapa saja yang mau berusaha keluar dari naungannya".

Ada lagi seperti penulis yang sukses yang berasal dari penyakit yang dideritanya, mereka banyak mengasilkan buku hanya dari tempat tidur yang berada di ruang isolasi rumah sakit. Sudah terbukti sehebat apa semangat yang mereka miliki untuk dibagikan dan mendatangkan manfaat bagi dirinya dan oranglain.

Dari berbagai hal yang sudah dibahas maka kita sadari bahwa kurang apalagi nikmat Allah bila kita tidak mengolah hidup kita dengan sedemikian rupa. Kita harus bersyukur dan selalu bersyukur atas segala nikmat dari Allah. Dengan memiliki rasa syukur maka rasa tidak pernah puas tidak akan pernah ada. Kita harus bisa merengkuh nikmat tanpa harus lari dari kenyataan atau terpuruk di dalam kubang penyesalan.

Sebenarnya, masih banyak filosofi alam yang dapat digali dan direfleksikan dalam kehidupan. Semua yang kita alami anggap sebagai berkah dari Allah. Filosofi pohon kelapa merupakan salah satu filosofi yang memiliki manfaat yang sangat besar bagi orang-orang yang mau berpikir dan mengamalkan dalam kehidupan. Semoga kita selalu dapat meraskan indahnya hidup bila saling berbagi kebahagiaan.


Sumber dari pemahaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar